m. arif am
Drs. M. ARIF AM, MA.
STAI Miftahul 'Ula Nglawak Kertosono

         MOHAMMAD ARIF AM, dilahirkan pada 05 Juli 1968 di Dsn Pandanasri Ds Lambangkuning Kertosono Nganjuk Jawa Timur, dari keluarga ayah (Bpk Suyitno telah meninggal sejak penulis masih kelas 1 MAN) seorang wiraswasta dan Ibu (Ibu Siti Aminah)  seorang petani.
        Pada bulan Januari tahun 1999 menikah dengan salah seorang gadis bernama Nur Khotimah dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Vika Faiza Rahma (kls 5 SD), seorang anak laki-laki dengan nama M. Alvin Faizi ( TK kelompok A ).
    
   
Pendidikan Dasar ditempuh di SDN Lambangkuning 1, melanjutkan ke SMPN1 Kertosono, kemudian ke MAN Nglawak Kertosono. Pendidikan tinggi ditempuh dari S1 IAIN Sunan Ampel Kediri (sekarang STAIN Kediri), S2  di STAIN Malang (sekarang UIN Malang), melanjutkan S3 di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Ketika penulisan buku ini masih  dalam penyelesaian Disertasi.
Dalam bidang ilmu ke-Islaman, penulis menuntut ilmu di Pon Pes. Darul Muta’alimin Pandanasri Kertosono, Pon.Pes. Al Hikmah Ngronggo Kota Kediri, dan Pon.Pes. Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono, yang sekarang sebagai tempat mengabdikan diri dan mengembangkan ilmu penulis.
Selesai dari bangku kuliah, penulis mengembangkan  ilmu dan karir dalam bidang pendidikan dengan mengajar di beberapa sekolah di wilayah Kertosono, sejak 1995 memberi kuliah di beberapa Perguruan Tinggi., diantaranya : STAI Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono, UNDAR Jombang, UNSURI Surabaya di Magetan, STAI Ma’arif Magetan, pada tahun 2006 diterima sebagai PNS dan tercatat sebagai dosen DPK STAIN Kediri yang ditugaskan di STAI Miftahul ‘Ula  sebagai institusi  yang dirintis sejak tahun 1995.
Untuk mengembangkan kualitias, penulis juga aktif di berbagai organisasi dalam masyarakat. Juga aktif mengikuti beberapa workshop  dan seminar, diantaranya :  (1) workshop tentang TOT AMT Pondok Pesantren Se-Jatim oleh Depnaker Propinsi Jawa Timur  tahun 1995, (2) Pelatihan Nasional Bahasa Inggris oleh PPGT Depdikbud di Bandung 6-10 s.d 6-11  tahun 1996. (3) Pelatihan Nasional "Metodologi Penelitian Sosial Keagamaan" di Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta  selama 6 bulan (Pebruari s.d Juli 2007). (4) Pelatihan Nasional "Metodologi Penelitian Sosial Keagamaan" tingkat lanjutan di Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta. Selama 3 bulan (September  s.d  Desember 2008).
Sedangkan seminar  yang pernah diikuti mulai tingkat lokal, nasional dan internasional, diantaranya : Seminar Nasional Lumpur Lapindo di ITS Surabaya ( tahun 2006). Seminar Internasional  “Islamic Economy and Social Justice” kerja sama  STAIN Kediri dengan Malaya University  of Malaysia (tahun 2008).
Selain memberi kuliah, mengikuti workshop dan seminar, penulis juga mengemas pemikirannya dengan menulis di jurnal dan buku yang telah diterbitkan, diantaranya : (1) Manajemen Pembelajaran Yang Efektif, STAIM Press (2002), (2) Pengembangan Ilmu Agama Islam dalam Perspektif Filsafat Ilmu, STAIM Press (2003), (3) Politik Yang Dimainkan oleh Nabi Muhammad saw, STAIM Press (2004), (4) Fundamentalisme dan Modernisme, STAIM Press (2006), (5) Komponen Pelaksanan dan Pendukung Madrasah, STAIM Press (2007), (6) Islam Budaya, STAIM Press (2008), (7) Pesantren Sebagai Pusat Deseminasi  Jama’ah Tabligh, Studi Kasus di Pesantren Al Fattah Temboro Magetan Jawa Timur, dalam Irwan Abdullah, et.al (Ed). 2008. Agama, Pendidikan Islam dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren. Yogyakarta : Sekolah Pascasarjana UGM  bekerja sama Pustaka Pelajar. (8) Ilmu Pendidikan Islam, Kertosono:IReSS Press bekerja sama dengan LP3M STAIM (2009). (9) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Sebuah Aplikasi Efektif. Kertosono: IReSS Press bekerja sama dengan LP3M STAIM (2009), (10) Teknologi Pendidikan. Kediri : STAIN Kediri Press (2010).
Untuk membantu memberdayakan masyarakat dan bangsa Indonesia , penulis aktif dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tercatat sebagai Direktur Institute for Religion and Social Study ( IReSS ) yang didirikan bersama keluarga dan koleganya. IReSS bergerak di bidang Sosial, Keagamaan, Pendidikan, Advokasi/Pendampingan, serta Kajian dan Penerbitan. Dan saat ini tercatat sebagai anggota Asosiasi Peneliti Sosial Keagamaan IndonesiaAPSKI  )


                   Sebagai RENUNGAN !
        Jika semua yang kita inginkan harus kita milki, dari mana kita belajar KEIKHLASAN?.......
        Jika semua yang kita mau harus terpenuhi, dari mana kita belajar keSABARAN  ? ...........
        Jika doa kita langsung dikabulkan, dari mana kita memaksimalkan KEMAMPUAN ? .........
        Jika kehidupan kita selalu bahagia, dari mana kita dapat mengenal ALLOH lebih DEKAT ? .......
        Tetapi YAKINlah bahwa SEGALA ketentuan NYA adalah yang terbaik untuk kita ?.......
        Dialah Alloh, Dzat Yang Maha Pengasih & Maha Penyayang.   ( Sent by NR)


 WISUDA Sarjana S1 X dan DIES NATALIS XV STAI Miftahul "Ula Nglawak Kertosono
Ahad, 10 Oktober 2010

Pelatihan Nasional METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL KEAGAMAAN 
Kerjasama Diktis Depag RI dgn Sekolah Pascasarjana UGM 
Pebruari s/d Juli 2007  dan  Oktober s/d Desember 2008 di UGM Yogyakarta

Sebagai Peserta mewakili STAI Miftahul 'Ula Nglawak Kertosono



                          SUARA HATI
Jika ia CINTA,
      ia tak menyiksa Namun MENGISI,
ia tak MEMAKSA namun MENGERTI,
      ia tak DATANG dengan KATA-KATA namun menghampiri dgn HATI,
ia tak datang karena PERMINTAAN, namun senantiasa hadir dgn KETULUSAN, 
      ia tak hadir karena KEKAYAAN, namun hadir krn KESETIAAN.
Kita di dunia bukan mencitai seseorang yang SEMPURNA,
      tp tuk belajar bgmn mencintai org yg TAK SEMPURNA, 
dengan cara yg SEMPURNA. (Sent by NR).


  
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar