Drs. MOHAMMAD ARIF AM,MA.
STAI Miftahul 'Ula Nglawak Kertosono
Teknologi merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan dalam era yang serba canggih dan teknologi ini akan terus berkembang serta akan digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia .dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di dunia ini . Penerapan teknologi meliputi beberapa bidang kehidupan diantaranya bidang pendidikan . Teknologi pendidikan diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan , yakni dalam aspek pengembangan , penerapan , dan penilaian.
Penerapan teknologi pembelajaran pada sistem pendidikan , teknik dan alat bantu untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik diharapkan mampu memahami materi pendidikan dengan bantuan teknologi pembelajaran . dan pemahaman siswa akan lebih baik dibanding dengan keterangan guru secara verbalistik saja . maka dalam makalah ini akan dibahas tentang teknologi pembelajaran serta penerapannya ( aplikasi ) nya pada mata pelajaran tertentu yakni pelajaran Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam
PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Teknologi pendidikan adalah suatu usaha dalam bidang pendidikan yang di ditujukan untuk memudahkan proses belajar mengajar . dan membantu guru dalam proses belajar mengajar dengan harapan siswa akan lebih mudah paham atas materi yang disampaikan . Teknologi pembelajaran ini memiliki beberapa ciri khusus yakni sebagai berikut :
Memberikan perhatian khusus dan pelayanan pada kebutuhan yang unik dari masing - masing sasaran didik .
Menggunakan aneka ragam dan sebanyak mungkin sumber belajar
Menerapkan pendekatan sistem ( Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan .Yogyakarta 1980 ).
Dalam konsep pendidikan sendiri mempunyai arti yang luas .yakni merupakan keseluruhan proses bersama antara guru dan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dalam tiga ranah pendidikan yakni ranah kognitif , psikomotorik dan afektif , dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa mendapatkan beberapa perubahan dalam tiga ranah tersebut , perubahan dalam sikap dan tingkah laku keseharian merupakan hal lain yang diharapkan dalam pendidikan , tentu saja perubahan menuju kebaikan sesuai tujuan pendidikan .
Perubahan dalam beberapa hal tersebut diharapkan berimbas pada kehidupannya secara positif terhadap lingkungan dimana siswa tersebut bertempat tinggal Apabila proses tersebut disengaja dikelola agar dapat terbentuk perilaku tertentu dalam kondisi tertentu ( sesuai tujuan pendidikan )maka , proses itu disebut pembelajaran .
Teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ber masyarakat yang serba canggih , maka pembelajaranpun membutuhkan teknologi sebagai alat pendukung dalam proses belajar mengajar . teknologi dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya mengalihkan perhatian siswa yang sebelumnya kurang memperhatikan guru ketika diajarkan suatu materi atau memfokuskan konsentrasi siswa pada pelajaran karena teknologi yang dipakai merupakan trend ,sehingga siswa akan penasaran untuk ikut serta menggunakan teknologi tersebut dan ketika siswa mamapu menggunakan teknologi maka ia akan merasa bangga .
Harapan penggunaan teknologi terhadap pembelajaran ini adalah peserta didik mampu menyerap pelajaran secara maksimal dan memahami serta mampu mengerjakan ujian diakhir pada proses belajar mengajar .
APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar , belajar lebih efektif , lebih efisien , lebih banyak , lebih luas , lebih cepat dan sebagainya . Untuk itu ada produk yang sengaja dibuat dan ada yang ditemukan dan dimanfaatkan.
Aplikasi teknologi pendidikan yang paling mendasar adalah menyediakan dan melaksanakan pemecahan masalah dalam memberikan kemungkina belajar . Pemecahan ini berbentuk sumber belajar , sumber ini baik yang sengaja dirancang maupun yang dipilih dan kemudian dimanfaatkan .
Dimensi praktik teknologi pembelajaran sejalan dengan perkembangan teknologi
Berkembangnya penerapan teknologi pendidikan boleh dikatakan berasal dari Amerika Serikat . Pada awal perkembangannya sekitar ratusan tahun yang lalu teknologi pendidikan dikenal sebagai cara mengajar dengan menggunakan alat peraga hasil buatan sendiri oleh guru di sekolah . tiga puluh tahun kemudian (sekitar tahun 1930 ) penggunaan alat peraga itu berkembang dengan diproduksinya secara massal media belajar . pengajaran untuk digunakan di sekolah secara meluas .
Di Indonesia sendiri penerapan teknologi pembelajaran tidak jauh berbeda dengan perkembangan seperti halnya di Amerika Serikat , hanya terpaut waktu yang cukup lama . Perkembangan itu boleh dikatakan baru dikenal sekitar awal tahun 1950 , dengan didirikannya Balai Kursus Tertulis Pendidikan Guru ( BKTPG ) dan Balai Alat Peraga Pendidikan ( BAPP ) di Bandung. BKTPG sekarang menjadi Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis ( P3G Tertulis ) Ber tanggung jawab untuk menyelenggarakan penataran kualifikasi guru dengan bahan pelajaran dengan berpegangan pada konsep belajar mandiri . BAPP pada awal tahun 1970 diintegrasikan dengan pusat pengembangan penataran guru bidang study
Beberapa bentuk penerapan teknologi pendidikan secara menyeluruh yaitu meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem . dapat dicontohkan sebagai berikut :
Proyek percontohan sistem PAMONG ( Pendidikan Anak Oleh Masyarakat Orang tua dan Guru ) di Surakarta 1974.
SLTP terbuka
Universitas Terbuka
APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB DAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
1.Mata Pelajaran Bahasa Arab
Mata Pelajaran Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang merupakan ilmu alat dalam rangka mempelajari dan mendalami beberapa ilmu pengetahuan islam , karena pada dasarnya islam datang dan berkembang di negeri Arab . Maka bahasa Arab menjadi tangga atas pembelajaran agama islam yang notabene mengacu pada dua dasar yang penting yakni Al Qur'an dan al Hadist yang semuanya berbahasa Arab .
Melalui pembelajaran Bahasa Arab Peserta didik diharapakan mampu mengetahui terjemah dan mengerti apa saja yang diajarkan dalam pendidikan keagamaan yang lainnya . dan mampu meningkatkan kecakapan dalam berbahasa arab . Pelajaran ini merupakan rangkaian dari pelajaran – pelajaran lain seperti al Qur'an hadist , fiqh dan pelajaran keagamaan lainnya
Aplikasi teknologi pembelajaran pada mata pelajaran ini menggunakan jenis teknologi yakni :
•Teknologi Cetak , seperti buku , Kamus ,baik kamus yang berbentuk buku maupun kamus digital , gambar gambar yang dibuat dan diberikan namanya dalam bahasa Arab sehingga siswa bisa menghafalkan lebih mudah dibanding hanya diterangkan saja , beberapa foto tentang kosa kata , teks bahasa Arab dan lain lain .
•Teknologi yang menggunakan listrik ( elektronik ) yaitu segala peralatan yang ada dan digunakan dalam laboratorium bahasa seperti headphone , tape recorder , cassete , Vcd dan lain – lain .
Dalam pembelajaran Bahasa Arab segala benda yang ada di lingkungan sekitar rumah , sekolah , dan benda – benda yang ada dikelas merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam menghafal benda – benda tersebut dalam Bahasa Arab
.
2.Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah salah satu mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang membahas sejarah perjalanan Agama Islam mulai dari awal datangnya islam yang disertai perjuangan dan pengorbanan yang besar dari para tokohnya. Sampai masa di mana Islam mulai berjaya dan mencapai masa keemasannya . Dalam pelajaran ini peserta didik dituntut untuk mampu menghafal beberapa cerita atau sejarah Islam . dan kemudian siswa diharuskan untuk mengambil beberapa ibrah dari peristiwa – peristiwa sejarah yang telah dipelajari .
Aplikasi teknologi pembelajaran pada mata pelajaran ini jenis teknologi yang digunakan adalah :
•Teknologi Cetak menggunakan beberapa buku cetak , buku sejarah tentang perkembangan islam , foto – foto tentang tempat – tempat bersejarah dalam islam seperti foto tentang gua Tsur , makam Rosulullah saw , ka'bah , dan beberapa peninggalan kebudayaan islam . gambar ini akan mendukung kejelasan keterangan guru
•Teknologi elektronik
•Teknologi ini meliputi :
Televisi .Ada beberapa program televisi yang mengetengahkan sejarah Islam langsung dari tempat bersejarah , program ini biasanya pada bulan Ramadhan . Siswa dapat diberikan tugas mencatat liputan televisi ,dengan nama program dan waktu serta stasiun televisi( channel ) yang sudah ditentukan oleh guru contoh : pada program Jejak Rosul di ANTEVE pada jam 5 pagi . Dengan teknologi ini dimungkinkan memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik
Penggunaan internet sebagai wahana pencarian materi sejarah perkembangan Islam , siswa akan memiliki kemampuan dalam bidang teknologi dan mampu menyerap sejarah yang terkandung dalam situs tersebut .
Penggunaan Teknologi Audi Visual
Menyampaikan materi dengan menggunakan mesin – mesin mekanis dan, seperti Video Compect disc , Film yang diputar di kelas dengan menggunakan proyektor
Dengan menggunakan beberapa teknologi baik cetak maupun elektronik ini diharapkan menjadi wahana tersendiri bagi peserta didik dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam , kesan yang didapat siswa inilah yang akan menjadi pijakan bagi peserta didik untuk mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam lebih lanjut . karena dengan beberapa media ini siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan secara detail setiap peristiwa yang terjadi . Jika dibandingkan pembelajaran dengan model ceramah yang cenderung membosankan dan tidak menarik .
Penggunaan Video Compect disc memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada aspek pengetahuan , pemahaman , dan penerapan .
KESIMPULAN
Teknologi pendidikan adalah bidang yang berkepentingan dengan usaha memudahkan proses belajar . segala hal yang bisa menjadikan sebuah pembelajaran mudah merupakan salah satu aspek teknologi pembelajaran , jadi apapun yang menyebabkan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dapat disebut teknologi pendidikan .
Aplikasi teknologi pembelajaran yang paling mendasar adalah menyediakan dan melaksanakan pemecahan masalah dalam memberikan kemungkinan belajar , pemecahan ini berbentuk sumber belajar .Aplikasi teknologi pembelajaran pada beberapa mata pelajaran mutlak diperlukan ,adapun jenis teknologi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah teknologi cetak , teknologi elektronik , Televisi , tape recorder , headphone , Vcd ,Proyektor , Slide , dan lain lain
REFERENSI
- http://syafword.blogspot.com/2009/IIproposal-skripsi-01.html
- http://media.diknas.go.id/media/document/5681pdf
- http://perpustakaan.upi.edu/union/index.php/record/view/2223
- Miarso . Yusuf Hadi . 2007 . Menyemai Benih Tk Pendidikan . Jakarta.Prenada Media Group
Penerapan teknologi pembelajaran pada sistem pendidikan , teknik dan alat bantu untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik diharapkan mampu memahami materi pendidikan dengan bantuan teknologi pembelajaran . dan pemahaman siswa akan lebih baik dibanding dengan keterangan guru secara verbalistik saja . maka dalam makalah ini akan dibahas tentang teknologi pembelajaran serta penerapannya ( aplikasi ) nya pada mata pelajaran tertentu yakni pelajaran Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam
PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Teknologi pendidikan adalah suatu usaha dalam bidang pendidikan yang di ditujukan untuk memudahkan proses belajar mengajar . dan membantu guru dalam proses belajar mengajar dengan harapan siswa akan lebih mudah paham atas materi yang disampaikan . Teknologi pembelajaran ini memiliki beberapa ciri khusus yakni sebagai berikut :
Memberikan perhatian khusus dan pelayanan pada kebutuhan yang unik dari masing - masing sasaran didik .
Menggunakan aneka ragam dan sebanyak mungkin sumber belajar
Menerapkan pendekatan sistem ( Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan .Yogyakarta 1980 ).
Dalam konsep pendidikan sendiri mempunyai arti yang luas .yakni merupakan keseluruhan proses bersama antara guru dan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dalam tiga ranah pendidikan yakni ranah kognitif , psikomotorik dan afektif , dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa mendapatkan beberapa perubahan dalam tiga ranah tersebut , perubahan dalam sikap dan tingkah laku keseharian merupakan hal lain yang diharapkan dalam pendidikan , tentu saja perubahan menuju kebaikan sesuai tujuan pendidikan .
Perubahan dalam beberapa hal tersebut diharapkan berimbas pada kehidupannya secara positif terhadap lingkungan dimana siswa tersebut bertempat tinggal Apabila proses tersebut disengaja dikelola agar dapat terbentuk perilaku tertentu dalam kondisi tertentu ( sesuai tujuan pendidikan )maka , proses itu disebut pembelajaran .
Teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ber masyarakat yang serba canggih , maka pembelajaranpun membutuhkan teknologi sebagai alat pendukung dalam proses belajar mengajar . teknologi dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya mengalihkan perhatian siswa yang sebelumnya kurang memperhatikan guru ketika diajarkan suatu materi atau memfokuskan konsentrasi siswa pada pelajaran karena teknologi yang dipakai merupakan trend ,sehingga siswa akan penasaran untuk ikut serta menggunakan teknologi tersebut dan ketika siswa mamapu menggunakan teknologi maka ia akan merasa bangga .
Harapan penggunaan teknologi terhadap pembelajaran ini adalah peserta didik mampu menyerap pelajaran secara maksimal dan memahami serta mampu mengerjakan ujian diakhir pada proses belajar mengajar .
APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar , belajar lebih efektif , lebih efisien , lebih banyak , lebih luas , lebih cepat dan sebagainya . Untuk itu ada produk yang sengaja dibuat dan ada yang ditemukan dan dimanfaatkan.
Aplikasi teknologi pendidikan yang paling mendasar adalah menyediakan dan melaksanakan pemecahan masalah dalam memberikan kemungkina belajar . Pemecahan ini berbentuk sumber belajar , sumber ini baik yang sengaja dirancang maupun yang dipilih dan kemudian dimanfaatkan .
Dimensi praktik teknologi pembelajaran sejalan dengan perkembangan teknologi
Berkembangnya penerapan teknologi pendidikan boleh dikatakan berasal dari Amerika Serikat . Pada awal perkembangannya sekitar ratusan tahun yang lalu teknologi pendidikan dikenal sebagai cara mengajar dengan menggunakan alat peraga hasil buatan sendiri oleh guru di sekolah . tiga puluh tahun kemudian (sekitar tahun 1930 ) penggunaan alat peraga itu berkembang dengan diproduksinya secara massal media belajar . pengajaran untuk digunakan di sekolah secara meluas .
Di Indonesia sendiri penerapan teknologi pembelajaran tidak jauh berbeda dengan perkembangan seperti halnya di Amerika Serikat , hanya terpaut waktu yang cukup lama . Perkembangan itu boleh dikatakan baru dikenal sekitar awal tahun 1950 , dengan didirikannya Balai Kursus Tertulis Pendidikan Guru ( BKTPG ) dan Balai Alat Peraga Pendidikan ( BAPP ) di Bandung. BKTPG sekarang menjadi Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis ( P3G Tertulis ) Ber tanggung jawab untuk menyelenggarakan penataran kualifikasi guru dengan bahan pelajaran dengan berpegangan pada konsep belajar mandiri . BAPP pada awal tahun 1970 diintegrasikan dengan pusat pengembangan penataran guru bidang study
Beberapa bentuk penerapan teknologi pendidikan secara menyeluruh yaitu meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem . dapat dicontohkan sebagai berikut :
Proyek percontohan sistem PAMONG ( Pendidikan Anak Oleh Masyarakat Orang tua dan Guru ) di Surakarta 1974.
SLTP terbuka
Universitas Terbuka
APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB DAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
1.Mata Pelajaran Bahasa Arab
Mata Pelajaran Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang merupakan ilmu alat dalam rangka mempelajari dan mendalami beberapa ilmu pengetahuan islam , karena pada dasarnya islam datang dan berkembang di negeri Arab . Maka bahasa Arab menjadi tangga atas pembelajaran agama islam yang notabene mengacu pada dua dasar yang penting yakni Al Qur'an dan al Hadist yang semuanya berbahasa Arab .
Melalui pembelajaran Bahasa Arab Peserta didik diharapakan mampu mengetahui terjemah dan mengerti apa saja yang diajarkan dalam pendidikan keagamaan yang lainnya . dan mampu meningkatkan kecakapan dalam berbahasa arab . Pelajaran ini merupakan rangkaian dari pelajaran – pelajaran lain seperti al Qur'an hadist , fiqh dan pelajaran keagamaan lainnya
Aplikasi teknologi pembelajaran pada mata pelajaran ini menggunakan jenis teknologi yakni :
•Teknologi Cetak , seperti buku , Kamus ,baik kamus yang berbentuk buku maupun kamus digital , gambar gambar yang dibuat dan diberikan namanya dalam bahasa Arab sehingga siswa bisa menghafalkan lebih mudah dibanding hanya diterangkan saja , beberapa foto tentang kosa kata , teks bahasa Arab dan lain lain .
•Teknologi yang menggunakan listrik ( elektronik ) yaitu segala peralatan yang ada dan digunakan dalam laboratorium bahasa seperti headphone , tape recorder , cassete , Vcd dan lain – lain .
Dalam pembelajaran Bahasa Arab segala benda yang ada di lingkungan sekitar rumah , sekolah , dan benda – benda yang ada dikelas merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam menghafal benda – benda tersebut dalam Bahasa Arab
.
2.Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah salah satu mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang membahas sejarah perjalanan Agama Islam mulai dari awal datangnya islam yang disertai perjuangan dan pengorbanan yang besar dari para tokohnya. Sampai masa di mana Islam mulai berjaya dan mencapai masa keemasannya . Dalam pelajaran ini peserta didik dituntut untuk mampu menghafal beberapa cerita atau sejarah Islam . dan kemudian siswa diharuskan untuk mengambil beberapa ibrah dari peristiwa – peristiwa sejarah yang telah dipelajari .
Aplikasi teknologi pembelajaran pada mata pelajaran ini jenis teknologi yang digunakan adalah :
•Teknologi Cetak menggunakan beberapa buku cetak , buku sejarah tentang perkembangan islam , foto – foto tentang tempat – tempat bersejarah dalam islam seperti foto tentang gua Tsur , makam Rosulullah saw , ka'bah , dan beberapa peninggalan kebudayaan islam . gambar ini akan mendukung kejelasan keterangan guru
•Teknologi elektronik
•Teknologi ini meliputi :
Televisi .Ada beberapa program televisi yang mengetengahkan sejarah Islam langsung dari tempat bersejarah , program ini biasanya pada bulan Ramadhan . Siswa dapat diberikan tugas mencatat liputan televisi ,dengan nama program dan waktu serta stasiun televisi( channel ) yang sudah ditentukan oleh guru contoh : pada program Jejak Rosul di ANTEVE pada jam 5 pagi . Dengan teknologi ini dimungkinkan memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik
Penggunaan internet sebagai wahana pencarian materi sejarah perkembangan Islam , siswa akan memiliki kemampuan dalam bidang teknologi dan mampu menyerap sejarah yang terkandung dalam situs tersebut .
Penggunaan Teknologi Audi Visual
Menyampaikan materi dengan menggunakan mesin – mesin mekanis dan, seperti Video Compect disc , Film yang diputar di kelas dengan menggunakan proyektor
Dengan menggunakan beberapa teknologi baik cetak maupun elektronik ini diharapkan menjadi wahana tersendiri bagi peserta didik dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam , kesan yang didapat siswa inilah yang akan menjadi pijakan bagi peserta didik untuk mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam lebih lanjut . karena dengan beberapa media ini siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan secara detail setiap peristiwa yang terjadi . Jika dibandingkan pembelajaran dengan model ceramah yang cenderung membosankan dan tidak menarik .
Penggunaan Video Compect disc memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada aspek pengetahuan , pemahaman , dan penerapan .
KESIMPULAN
Teknologi pendidikan adalah bidang yang berkepentingan dengan usaha memudahkan proses belajar . segala hal yang bisa menjadikan sebuah pembelajaran mudah merupakan salah satu aspek teknologi pembelajaran , jadi apapun yang menyebabkan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dapat disebut teknologi pendidikan .
Aplikasi teknologi pembelajaran yang paling mendasar adalah menyediakan dan melaksanakan pemecahan masalah dalam memberikan kemungkinan belajar , pemecahan ini berbentuk sumber belajar .Aplikasi teknologi pembelajaran pada beberapa mata pelajaran mutlak diperlukan ,adapun jenis teknologi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah teknologi cetak , teknologi elektronik , Televisi , tape recorder , headphone , Vcd ,Proyektor , Slide , dan lain lain
REFERENSI
- http://syafword.blogspot.com/2009/IIproposal-skripsi-01.html
- http://media.diknas.go.id/media/document/5681pdf
- http://perpustakaan.upi.edu/union/index.php/record/view/2223
- Miarso . Yusuf Hadi . 2007 . Menyemai Benih Tk Pendidikan . Jakarta.Prenada Media Group
Posting Komentar