m. arif am
    

    Drs. MOHAMMAD ARIF AM,MA.
    STAI Miftahul 'Ula Nglawak Kertosono  

Teknologi   merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan dalam  era yang serba canggih dan teknologi ini akan terus berkembang serta akan digunakan dalam  berbagai aspek kehidupan manusia .dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di dunia ini . Penerapan  teknologi meliputi beberapa bidang kehidupan diantaranya bidang pendidikan   . Teknologi pendidikan  diterapkan dalam  berbagai aspek pendidikan  , yakni dalam  aspek  pengembangan   , penerapan  , dan penilaian.  
      
  Penerapan teknologi pembelajaran  pada sistem pendidikan   , teknik dan alat bantu untuk memudahkan  dalam  proses belajar mengajar  sehingga peserta didik diharapkan mampu memahami materi pendidikan  dengan bantuan teknologi  pembelajaran  . dan pemahaman siswa  akan lebih baik dibanding  dengan keterangan guru secara verbalistik saja . maka dalam  makalah  ini  akan dibahas  tentang teknologi pembelajaran   serta penerapannya  ( aplikasi ) nya pada mata pelajaran tertentu  yakni pelajaran Bahasa Arab dan Sejarah  Kebudayaan Islam

PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      Teknologi pendidikan  adalah   suatu usaha dalam  bidang pendidikan   yang di ditujukan untuk memudahkan  proses belajar mengajar . dan membantu guru dalam  proses belajar mengajar  dengan harapan siswa akan lebih mudah paham atas materi yang disampaikan . Teknologi pembelajaran  ini memiliki beberapa ciri khusus yakni  sebagai berikut :
Memberikan perhatian khusus dan pelayanan  pada kebutuhan  yang unik  dari masing - masing  sasaran didik .
Menggunakan   aneka ragam dan sebanyak mungkin sumber belajar 
Menerapkan pendekatan  sistem ( Lokakarya  Nasional  Teknologi  Pendidikan  .Yogyakarta  1980 ).
       Dalam  konsep pendidikan  sendiri  mempunyai arti yang luas  .yakni  merupakan keseluruhan  proses  bersama antara guru dan peserta didik dalam    mengembangkan   kemampuan  dalam  tiga ranah pendidikan  yakni ranah kognitif , psikomotorik dan afektif  , dalam  proses belajar mengajar diharapkan siswa mendapatkan  beberapa perubahan dalam  tiga ranah tersebut , perubahan dalam   sikap dan tingkah laku  keseharian merupakan hal lain  yang  diharapkan dalam  pendidikan  , tentu saja perubahan menuju kebaikan  sesuai tujuan  pendidikan  .
     Perubahan dalam  beberapa hal tersebut diharapkan berimbas pada kehidupannya secara  positif  terhadap lingkungan  dimana siswa tersebut bertempat tinggal  Apabila proses  tersebut disengaja  dikelola agar dapat terbentuk  perilaku tertentu  dalam  kondisi tertentu ( sesuai tujuan  pendidikan )maka , proses  itu disebut pembelajaran  .
Teknologi  merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari  dalam  kehidupan ber masyarakat  yang serba canggih  , maka pembelajaranpun  membutuhkan teknologi  sebagai alat pendukung  dalam  proses belajar mengajar . teknologi  dapat digunakan dalam  pembelajaran  sebagai upaya mengalihkan perhatian siswa yang  sebelumnya kurang memperhatikan guru ketika diajarkan suatu materi atau  memfokuskan konsentrasi  siswa pada pelajaran  karena teknologi yang dipakai merupakan trend ,sehingga siswa akan penasaran untuk ikut serta menggunakan  teknologi tersebut  dan ketika siswa mamapu menggunakan  teknologi maka ia akan merasa bangga .
       Harapan penggunaan teknologi terhadap pembelajaran  ini adalah  peserta didik  mampu menyerap pelajaran  secara maksimal  dan memahami serta mampu mengerjakan ujian diakhir  pada proses belajar mengajar .

 APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
     Teknologi pendidikan  merupakan suatu disiplin terapan artinya  ia berkembang  karena adanya  kebutuhan  di lapangan  yaitu kebutuhan  untuk belajar  , belajar lebih efektif , lebih efisien  , lebih banyak , lebih luas , lebih cepat dan sebagainya . Untuk itu  ada  produk yang sengaja dibuat   dan ada yang ditemukan  dan dimanfaatkan.
    Aplikasi  teknologi pendidikan    yang paling mendasar  adalah  menyediakan  dan melaksanakan pemecahan masalah dalam  memberikan  kemungkina  belajar .  Pemecahan ini  berbentuk sumber belajar , sumber ini baik yang sengaja  dirancang maupun yang dipilih dan kemudian  dimanfaatkan .
Dimensi  praktik teknologi pembelajaran   sejalan dengan perkembangan teknologi
Berkembangnya  penerapan teknologi pendidikan  boleh  dikatakan  berasal dari  Amerika Serikat  . Pada awal perkembangannya  sekitar ratusan tahun  yang lalu teknologi pendidikan   dikenal  sebagai cara mengajar  dengan menggunakan  alat peraga  hasil buatan  sendiri  oleh guru di sekolah  . tiga puluh tahun kemudian  (sekitar tahun  1930 )   penggunaan  alat peraga  itu berkembang  dengan diproduksinya  secara massal  media  belajar . pengajaran   untuk digunakan di sekolah secara meluas .
Di Indonesia  sendiri penerapan  teknologi pembelajaran   tidak jauh berbeda  dengan perkembangan  seperti halnya di Amerika Serikat  , hanya terpaut waktu  yang cukup lama  . Perkembangan itu boleh dikatakan  baru dikenal sekitar awal tahun  1950 , dengan didirikannya  Balai Kursus Tertulis Pendidikan  Guru ( BKTPG )  dan Balai Alat Peraga  Pendidikan  ( BAPP ) di Bandung. BKTPG sekarang menjadi Pusat Pengembangan   Penataran Guru Tertulis (  P3G Tertulis ) Ber tanggung jawab  untuk menyelenggarakan  penataran kualifikasi  guru dengan bahan pelajaran dengan berpegangan  pada konsep belajar mandiri . BAPP pada awal tahun 1970 diintegrasikan dengan pusat pengembangan   penataran guru bidang study
        Beberapa  bentuk penerapan teknologi pendidikan  secara menyeluruh yaitu meliputi semua komponen   dan karena itu merupakan  sistem . dapat dicontohkan sebagai berikut : 
Proyek percontohan  sistem PAMONG ( Pendidikan  Anak Oleh Masyarakat Orang tua dan Guru ) di Surakarta  1974.
SLTP terbuka
Universitas Terbuka

APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN  PADA MATA PELAJARAN 
       BAHASA ARAB DAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM 
1.Mata Pelajaran Bahasa Arab 
         Mata Pelajaran Bahasa Arab  adalah  salah satu mata pelajaran  pendidikan  agama  Islam  yang merupakan ilmu alat dalam  rangka mempelajari dan mendalami beberapa ilmu pengetahuan islam , karena pada dasarnya islam  datang dan berkembang di negeri Arab . Maka  bahasa Arab menjadi tangga atas pembelajaran  agama islam  yang notabene mengacu pada dua dasar yang penting  yakni Al Qur'an dan al Hadist  yang semuanya  berbahasa Arab .
Melalui pembelajaran  Bahasa Arab   Peserta didik  diharapakan mampu mengetahui terjemah  dan mengerti apa saja yang diajarkan  dalam  pendidikan  keagamaan yang lainnya . dan mampu meningkatkan  kecakapan dalam  berbahasa arab . Pelajaran ini merupakan rangkaian dari pelajaran – pelajaran  lain  seperti al Qur'an hadist , fiqh dan pelajaran keagamaan lainnya
Aplikasi teknologi pembelajaran   pada mata pelajaran ini menggunakan    jenis teknologi yakni :
•Teknologi Cetak , seperti buku , Kamus ,baik kamus yang berbentuk buku maupun  kamus digital ,  gambar  gambar   yang dibuat dan diberikan namanya dalam  bahasa Arab  sehingga siswa bisa menghafalkan lebih mudah dibanding hanya diterangkan saja , beberapa foto tentang kosa kata , teks  bahasa Arab dan lain lain .
•Teknologi yang menggunakan listrik ( elektronik )  yaitu segala peralatan yang ada dan digunakan dalam  laboratorium bahasa  seperti  headphone , tape recorder ,  cassete , Vcd dan lain – lain .
Dalam  pembelajaran  Bahasa Arab    segala  benda yang ada di lingkungan  sekitar rumah , sekolah , dan  benda – benda  yang ada dikelas merupakan alat untuk  mempermudah siswa dalam  menghafal benda – benda tersebut dalam  Bahasa Arab
 .
2.Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 
        Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam  adalah  salah satu  mata pelajaran pendidikan  Agama Islam  yang membahas  sejarah  perjalanan Agama Islam   mulai dari awal datangnya islam  yang disertai perjuangan dan pengorbanan yang besar dari para  tokohnya. Sampai masa di mana Islam  mulai berjaya  dan mencapai masa keemasannya . Dalam  pelajaran ini peserta didik dituntut untuk mampu menghafal beberapa cerita atau sejarah Islam   . dan kemudian  siswa  diharuskan  untuk mengambil beberapa ibrah dari peristiwa – peristiwa sejarah yang telah dipelajari .
 Aplikasi teknologi pembelajaran   pada mata pelajaran ini jenis teknologi yang digunakan  adalah  :
•Teknologi Cetak  menggunakan  beberapa buku cetak , buku sejarah tentang perkembangan islam  , foto – foto tentang tempat – tempat bersejarah dalam  islam  seperti foto tentang gua Tsur , makam Rosulullah saw , ka'bah ,   dan beberapa peninggalan kebudayaan islam  . gambar ini akan mendukung  kejelasan keterangan guru
•Teknologi  elektronik
•Teknologi ini meliputi  :
 Televisi .Ada beberapa program televisi yang mengetengahkan sejarah Islam  langsung  dari tempat bersejarah , program ini biasanya pada bulan Ramadhan . Siswa dapat diberikan tugas  mencatat liputan televisi ,dengan nama program  dan waktu serta stasiun televisi( channel ) yang sudah ditentukan oleh guru  contoh :  pada program Jejak Rosul  di ANTEVE  pada jam 5 pagi .  Dengan teknologi ini dimungkinkan  memberikan pengalaman  nyata kepada peserta didik 
Penggunaan internet sebagai wahana pencarian materi sejarah perkembangan Islam  , siswa akan memiliki kemampuan  dalam  bidang teknologi dan mampu menyerap sejarah yang terkandung dalam  situs tersebut .
Penggunaan Teknologi Audi Visual
      Menyampaikan  materi dengan menggunakan   mesin – mesin mekanis  dan, seperti   Video Compect disc ,  Film  yang diputar di kelas dengan menggunakan  proyektor      
       Dengan menggunakan  beberapa teknologi baik cetak maupun elektronik  ini diharapkan  menjadi wahana tersendiri  bagi peserta didik dalam  mempelajari  Sejarah Kebudayaan Islam , kesan yang didapat siswa inilah yang akan  menjadi pijakan bagi peserta didik untuk mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam   lebih lanjut . karena dengan beberapa media ini siswa  akan lebih tertarik untuk memperhatikan secara detail setiap peristiwa yang terjadi . Jika dibandingkan  pembelajaran  dengan model ceramah yang cenderung membosankan dan tidak menarik .
        Penggunaan Video Compect  disc  memberikan  pengaruh terhadap  hasil belajar  pada mata pelajaran  Sejarah Kebudayaan Islam    pada aspek pengetahuan   , pemahaman  , dan penerapan . 
KESIMPULAN
    Teknologi  pendidikan   adalah   bidang  yang berkepentingan  dengan usaha  memudahkan  proses  belajar  .  segala hal yang bisa menjadikan sebuah pembelajaran  mudah merupakan  salah satu aspek teknologi pembelajaran  , jadi apapun yang menyebabkan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dapat disebut teknologi pendidikan  .
Aplikasi teknologi  pembelajaran   yang paling  mendasar adalah   menyediakan dan melaksanakan  pemecahan masalah  dalam  memberikan  kemungkinan  belajar , pemecahan ini berbentuk  sumber belajar .Aplikasi teknologi pembelajaran   pada beberapa mata pelajaran  mutlak diperlukan  ,adapun  jenis teknologi  yang digunakan untuk menunjang pembelajaran     adalah  teknologi cetak ,  teknologi elektronik  , Televisi , tape recorder , headphone , Vcd ,Proyektor , Slide , dan lain lain 
   

REFERENSI

-    http://syafword.blogspot.com/2009/IIproposal-skripsi-01.html
-    http://media.diknas.go.id/media/document/5681pdf
-    http://perpustakaan.upi.edu/union/index.php/record/view/2223
-    Miarso . Yusuf Hadi . 2007 . Menyemai Benih Tk Pendidikan . Jakarta.Prenada Media Group
0 Responses

Poskan Komentar